Menulis Itu Mudah

Oleh : A. Sulaiman, M.Ag.

Bagi sebagian orang, menulis adalah hal yang dianggap tidak mudah, apalagi bila harus mengikuti kaidah yang mungkin dianggap rigid. Menulis merupakan artikulasi makna seseorang berdasarkan sudut pandangnya masing-masing tentang sesuatu yang dialami atau difikirkan. Dan menulis ilmiah harus merujuk pada aturan yang ada, dimulai dari proses identifikasi masalah, teoritisasi, perumusan hipotesis, penggalian data di lapangan serta melakukan analisis dari data yang diperoleh.

Dewasa ini, ada dua kewajiban tulisan yang harus dibuat oleh mahasiswa, yakni : 1) menulis di Jurnal, 2) menulis ilmiah untuk keperluan penelitian (skripsi untuk jenjang S1). Kewajiban menulis ilmiah di jurnal merujuk pada SK Dirjen Dikti No. 152/E/T/2012 tentang Publikasi Ilmiah (surat,SKDirjen152-E-T-2012KaryaIlmiah). Sementara menulis ilmiah untuk keperluan penelitian (skripsi untuk jenjang S1) merujuk pada  bakti tri dharma perguruan tinggi, yakni pendidikan, pengabdian masyarakat dan penelitian.

Mengingat pentingnya kewajiban tersebut, mudah-mudahan dapat dijadikan perhatian oleh pihak-pihak terakait yang berkepentingan. [Wallahu’alam].